124 Anggota DPR Teken Usul Angket Century

Sumber: vivanews.com

Kamis, 12 November 2009, 14:23 WIB
Arfi Bambani Amri, Anggi Kusumadewi
Bank Century (ANTARA/Andika Wahyu)

VIVAnews – Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Gayus Lumbuun, menyebut sudah 124 anggota Dewan Perwakilan Rakyat menandatangani usul angket Bank Century. Mereka tersebar di delapan dari sembilan fraksi di parlemen.

“Angka terakhir 124 orang dari delapan fraksi kecuali Demokrat,” kata Gayus yang merupakan salah satu inisiator angket itu di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 12 November 2009.

Gayus Lumbuun, menyatakan usul angket kasus Bank Century jadi diajukan ke pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat hari ini. Perbaikan draf ternyata sudah selesai hari ini sehingga bisa diserahkan ke pimpinan DPR.

“Sekitar pukul setengah tiga, usul hak angket akan diajukan pimpinan dewan,” ujar Gayus di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 12 November 2009.

Ketua DPR, Marzuki Alie, memang baru muncul di kantornya siang ini. Marzuki baru saja datang dari Surabaya. “Saya memang tidak ada pemberitahuan tentang penyerahan hak angket,” ujar Marzuki.

Sebelumnya VIVAnews menulis usul angket batal diajukan hari ini karena ada perbaikan draf. “Kemungkinan angket tidak jadi diserahkan ke pimpinan hari ini karena masih diperlukan penyempurnaan pada surat usulan angket terutama di bagian Pansus Bank Century,” ujar Gayus siang tadi ke VIVAnews.

Usul angket skandal Bank Century ini dipicu persetujuan Menteri Keuangan dan Bank Indonesia mengucurkan dana talangan pada bank yang bangkrut itu sebesar Rp 6,7 triliun. Angka itu tiga kali lipat dari yang disetujui parlemen. Selain itu, meski dana talangan membengkak, sejumlah nasabah bank tersebut tak bisa mendapatkan tabungannya di bank yang sekarang bernama Bank Mutiara itu.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s